Wisata Kuliner Nasi Liwet Solo

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan member informasi tentang Wisata Kuliner Nasi Liwet Solo, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berwisata kuliner di Solo.

1. Nasi Liwet Bu Yani 

Salah satu kuliner asli Solo yang sudah terkenal seantero Indonesia adalah Nasi Liwet. Nasi yang pada proses memasaknya ditambahkan santan kelapa dan disajikan secara hangat hangat dengan sayur labu dan areh. Areh sendiri adalah santan kelapa yang dikentalkan, sehingga akan menambahkan rasa gurih pada Nasi yang disajikan.  Di Solo, anda bisa menikmati menu ini sebagai sarapan ataupun makan malam, secara harga nasi liwet yang dijual di pagi hari harganya jauh lebih murah dibanding waktu malam mengingat penikmatnya di pagi hari adalah warga yang menetap di Solo. Ketika malam salah satu tempat makan nasi liwet yang kami rekomendasikan adalah Nasi Liwet Yu Sani. Warung nasi ini memiliki tiga cabang, satu di Veteran yang secara jarak lebih dekat dari Kota Solo dan dua cabang lagi terletak di Solo Baru yang letaknya berdekatan. Untuk yang cabang Solo baru terletak di ujung pertokoan, dari arah The Park Mall anda ambil lurus ke arah Lampu Merah Patung Pandawa, kemudian belok kiri dan ikuti jalan sampai ujung pertokoan. Apabila anda sudah melihat mobil parkir berjajar dengan ramai berhenti didepan dua warung tenda, berarti anda telah sampai.

Warung Yu Sani, meskipun berdiri diatas trotoar tapi cukup bersih, menyediakan area bangku untuk duduk dan area lesehan. Begitu anda parkir kendaraan anda di depan warung tenda, aroma gurihnya santan dari nasi liwet sudah menyeruak keluar. Menu standarnya adalah nasih liwet, sayur labu plus cabe, areh dan suwiran ayam, sendokan pertama  sudah  terasa gurihnya, pulen dan empuk ditimpali oleh empuknya suwiran ayam. Apabila anda merasa kurang dengan lauk suwiran ayam, anda bisa meminta potongan ayam, ati ampela, telor ataupun uritan, uritan adalah indung telor, bakal telor muda yang ada didalam ayam betina. Untuk menikmati kelezatan Nasi Liwet Yu Sani ini anda tidak perlu merogoh kantong secara dalam, Nasi Liwet Ayam Suwir. telor ayam  dan Teh Manis kental kerusakannnya sebesar Rp 20.000.

2. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu Nasi liwet Wongso Lemu sendiri sudah ada sejak tahun 1950, lebih dari enam dekade nasi liwet wongso lemu menjual sajian ini. Ada banyak nama nasi liwet Wongso Lemu di daerah jalan ini, yang asli hanya tiga. “Di sini nasi liwet Wongso Lemu yang asli hanya tiga dan kami semua bersaudara. Masakannya kami olah bersama dan dibagi menjadi tiga,” ujar Ati Tri Wulandari cucu dari Bu Wongso Lemu.

Meski nasi liwet Wongso Lemu tak berbeda dari nasi liwet lainnya, diakui harga nasi liwet di sini lebih tinggi harganya yaitu Rp 19.000 untuk nasi liwet biasa dan Rp 22.000 untuk nasi liwet komplit dengan ati ampela. Ada keunikan yang dapat ditemui jika membeli nasi liwet Wongso Lemu, yakni penjual yang masih memakai baju tradisional kebaya dan juga pengamen tradisional yang terdiri dari ibu-ibu dengan make up, sanggul dan juga pakaian kebaya.

3. Nasi Liwet Kirnadi 

Selain nasi liwet Wongso Lemu masih banyak lagi referensi nasi liwet di kota Solo, salah satunya Nasi Liwet Kirnadi di jalan Kyai Mojo, depan toko Mutiara, Semanggi. Warung nasi liwet yang telah buka dari 12 tahun silam ini bisa dikatakan cukup murah hanya Rp 8.000 per porsinya. Pembeli pun cukup ramai dan bergantian untuk duduk. Dalam sehari Nasi Liwet Bu Kirnadi dapat menghabiskan 25kg beras, Lauk pendamping untuk nasi liwet bisa dipilih, ada potongan ayam, jeroan ayam, beraneka gorengan dan baceman.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Kuliner Nasi Liwet Solo, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika ingin berwisata kuliner di Solo.