Wisata Mistis Cianjur

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Mistis Cianjur yang wajib Brader and Sister kunjungi jika ingin menguak misteri Cianjur.

1. Pantai Jayanti 

Diikuti Barang Halus

Sepanjang perjalanan melalui perkebunan teh tersebut.  terasa aroma mistik sangat tajam. Aroma seperti itu, seolah-olah sengaja menghadang perjalanan kami, atau mereka mengikuti kami dalam jarak tertentu. Terlebih setelah menyusuri hutan belantara dan perkebunan teh di daerah Cipuruk. Perjalanan kami seolah diselimuti ribuan barang halus. Hal itu ditandai, bahwa sepanjang perjalanan senantiasa bulu kuduk kami pada merinding.

Di balik keindahan alamnya yang terbentang luas dan berselimut kabut yang saling berkejaran, memang juga kawasan ini menyimpan banyak cerita  mistik, yaitu pada waktu tertentu ketika bulan purnama berlangsung, sering masyarakat setempat mendengar suara raungan  Macan yang membuat bulu kuduk merinding. Ada yang meyakini bahwa  itu adalah Macan jadi-jadian, yang sering menyertai  Prabu Siliwangi.

Maka, untuk amannya perjalanan kami selama melewati hutan yang angker tersebut, sepanjang jalan  kami berdzikir dan berdoa, semoga tiba di tempat tujuan dengan selamat. Dan kami pun tiba dengan selamat di desa tujuan.

Aroma Mistik Pantai Jayanti

Pantai Jayanti, sungguh merupakan tempat  yang sangat indah. Tempat wisata yang banyak dikunjungi sebagai tempat rekreasi keluarga. Di tempat tersebut lagi-lagi  saya merasakan adanya pengaruh mistik, yakni gaib nisbih.

Yang saya maksudkan adalah, pengaruh gaib yang asalnya dari Jin yang sering menyesatkan manusia, terutama bagi mereka yang cuma memiliki aqidah pas-pasan. Di tempat itu  saya menemukan orang yang keadaannya sangat menyedihkan. Orang ini dengan berpakaian seadanya,  sambil berbaring di atas tanah tanpa alas di tepi pantai itu. Sesekali mulutnya terlihat komat-kamit, seakan ada orang lain yang sedang diajak bercakap-cakap. Sedang orang yang lalu-lalang di sekitarnya, tidak melihat siapapun yang diajak ngobrol oleh orang tersebut.

Terhadap kondisi orang tersebut dengan suasana pantai Jayanti dari fenomena mistik, sesuai hasil penelusuran gaib yang kami lakukan, dapat menyimpulkan bahwa  mahluk dari golongan jin yang mendiami pantai Jayanti itulah, yang membuat lelaki ini menjadi gila. Karena jiwanya terikat dengan mahluk gaib, dan tidak dapat meninggalkan tempat itu meskipun dipaksa, kecuali tentunya hanya dengan izin Allah.

Ketika sore menjelang terbenamnya matahari, kami segera meninggalkan pantai Jayanti  untuk beristirahat. Sebab keesokan paginya kami akan bergabung pada acara pernikahan seorang kerabat.

Pengalaman mistik yang kami rasakan  di tempat wisata itu, kemudian  kami tanyakan pada penduduk setempat, termasuk mengorek keterangan yang disampaikan oleh pak Gagan, salah seorang penduduk Cidamar. Gagan menjelaskan, bahwa dulunya, sebelum pemerintah menata tempat tersebut menjadi tempat wisata, sebagian masyarakat takut mendatangi tempat itu, karena dianggap sangar. Kecuali bagi yang punya hajatan : yakni, misalnya, ingin segera menjadi kaya, ingin naik pangkat, dimudahkan jodohnya, dll.

Demikian  pula yang diceritakan  Mbah  Saleh (75), bahwa sejak di masa kecilnya,  dia sudah hapal betul kondisi pantai Jayanti.  Katanya, sebagian masyarakat utamanya yang mata pencahariannya  di laut, setiap tahunnya mengadakan ritual, dengan membuat berbagai macam sesajen, kemudian melepaskannya ke laut lepas sebagai bentuk penghormatan kepada penguasa laut pantai selatan. Sebab, katanya, wilayah tersebut masih berada dalam wilayah kekuasaan Dewi Nyi Roro Kidul, yang sampai saat ini masih sering dikunjungi orang dari berbagai tempat, utamanya daerah luar kabupaten Cianjur, seperti Bandung, Jakarta dan sekitarnya.

Telan Korban Tiap Tahun

Pantai Jayanti juga sering  mengambil korban manusia setiap tahunnya, terutama bagi pendatang yang tidak mengindahkan beberapa pantangan yang terlarang dilakukan, seperti ada tempat yang tidak boleh ditempati berenang karena disamping airnya  cukup dalam, juga ada penunggunya.

Menurut keterangan salah seorang korban yang sempat diselamatkan, dirinya  merasa dikuasai oleh pengaruh gaib, yang menariknya untuk turun mandi, meski dia sadar bahwa di tempat itu ada tertulis larangan turun berenang, tapi anehnya dia tidak punya kekuatan untuk dapat menghindari dorongan tersebut. Seakan ada beberapa orang yang memanggil-manggil di tempat tersebut, dan beruntung dirinya dapat ditolong oleh seseorang sehingga tidak jadi korban.

Informasi dari salah seorang warga setempat, bahwa para pengunjung yang menginap di tempat yang memang dipersewakan, sering mengalami kesurupan (kemasukan)  mahluk gaib yang berada disekitar pantai. Demikian salah satu  fenomena mistik yang mendiami pantai Jayanti. Serta segudang cerita mistik yang ada di setiap daerah di Indonesia.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Mistis Cianjur yang wajib Brader and Sister kunjungi jika ingin menguak misteri pantai tersebut.