Wisata Pangandaran Yang Wajib Dikunjungi

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Pangandaran Yang Wajib Dikunjungi jika Brader and Sister sedang berlibur di Pangandaran.

1. Pantai Pangandaran 

Pangandaran memang tak bisa dipisahkan dengan destinasi pantai. Saking indahnya Pantai Pangandaran bahkan dinobatkan sebagai pantai paling indah di pulau Jawa oleh AsiaRooms.

Keindahan Pantai Pangandaran memang tak perlu diragukan lagi dan oleh sebab itu selalu ramai oleh pengunjung. Pantai Pangandaran memiliki keunikan alami dibandingkan pantai-pantai lainnya di Indonesia, yang paling kentara adalah pantai ini memiliki dua sisi yaitu sisi barat dan sisi timur.

Kedua sisi pantai tersebut hanya dipisahkan oleh semenanjung. Karena hal tersebut, traveler bisa melihat sunrise dan sunset di pantai yang sama. Selain itu yang membuat banyak pengunjung berdatangan adalah tempat ini termasuk pantai landai dan memiliki ombak yang relatif kecil jadi pengunjung bisa dengan bebas berenang-renang.

Selain itu pasir yang ada di Pantai Pangandaran berwarna putih yang menandakan pantai yang berkualitas. Di beberapa area di Pantai Pangandaran terlihat adanya lifeguard atau tim penjaga pantai sehingga traveler bisa dengan aman berenang-renang di area pantai.

Selain itu Pantai Pangandaran juga mempunyai berbagai penginapan dan restoran-restoran yang menambah komplitnya suasana liburan. Selain itu air lautnya juga sangat jernih, jadi pengunjung bisa melakukan snorkeling atau diving. Akses menuju pantai pun juga sangat mulus dan tanpa hambatan.

2. Gua Sumur Mudal 

Salah satu objek wisata keren lainnya di Pangandaran adalah Gua Sumur Mudal yaitu sebuah gua yang memiliki relief-relief indah dan juga adanya stalaktit dan stalagmit yang berbentuk sangat unik. Bahkan di beberapa relief yang ada di Gua Sumur Mudal mirip dengan relief-relief yang ada di sebuah candi.

Tak berbeda dengan relief-relief dindingnya, beberapa stalaktit dan stalagmit juga mempunyai bentuk yang unik dan agak sedikit mistis karena berbentuk seperti tenggorokan manusia. Gua ini berada di Cagar Alam Pangandaran jadi anda bisa mengaksesnya saat berlibur ke pantai Pangandaran.

Gua ini dinamakan Sumur Mudal karena konon katanya dulu didalam gua ini terdapat sebuah sumur yang tumpah ruah atau dalam bahasa sundanya mudal sehingga airnya tumpah hingga keluar gua. Objek wisata ini bisa menjadi alternatif tempat liburan lain selain pantai Pangandaran.

3. Green Canyon 

Cukang Taneuh atau biasa orang menyebutnya dengan Grand Canyon adalah sebuah destinasi wisata yang mirip dengan Grand Canyon yang ada di Colorado Amerika.

Apa yang membuatnya unik karena tebing-tebing yang berada di Cukang Taneuh membentuk sebuah gua. Pengunjung bisa menggunakan perahu untuk melalui sungai Cijulang dan melihat stalaktit dan stalagmit yang ada di Cukang Taneuh.

Kondisinya sedikit menguras adrenalin karena traveler dihadapkan pada lingkungan yang sedikit misterius. Di bagian mulut gua terdapat sebuah air terjun yang membuat nuansanya semakin eksotis.

Untuk menikmati destinasi wisata ini traveler bisa menggunakan sampan yang disewakan oleh pihak pengelola, harganya tidak terlalu mahal yaitu 75ribu dan cukup untuk 5 orang. Objek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi saat berada di Pangandaran.

4. Pananjungan Pangandaran 

Tak afdol rasanya jika ke pantai Pangandaran tapi tak menyempatkan diri ke Panajungan Pangandaran. Pananjungan berarti sebuah semenanjung dan Pananjungan Pangandaran ini merupakan pembatas dari pantai barat dan pantai timur Pangandaran.

Lokasi ini merupakan cagar alam yang berarti kondisi alam beserta vegetasinya sangat dijaga dari kerusakan. Diyakini bahwa Pananjungan Pangandaran ini tadinya merupakan pulau yang mengambang di lautan lalu kemudian menyatu dengan daratan.

Di beberapa area terdapat pantai yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai dan berjalan-jalan, juga pastinya pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan khas laut seperti diving dan snorkeling. Cagar alam ini memiliki beberapa spot wisata didalamnya seperti gua, trek sepeda, bukit dan lain-lain.

Di Pananjungan Pangandaran ini juga terdapat hewan-hewan yang dilindungi seperti burung elang, kijang, landak, monyet dan lain-lain. Selain itu di Pananjung Pangandaran ini terdapat beberapa gua peninggalan Jepang, pada zaman dahulu gua-gua tersebut dijadikan benteng pertahanan melawan musuh.

Pohon-pohon yang berada di Pananjungan Pangandaran juga relatif merupakan pohon-pohon langka seperti Pulus, Jamura, Jati, Andong, Laban dan lain-lain. Karena eksostime alam tersebut membuat Pananjungan Pangandaran menjadi begitu populer sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Pangandaran.

Dan ini adalah informasi tentang Wisata Pangandaran Yang Wajib Dikunjungi oleh Brader and Sister jika sedang berlibur di Pangandaran.