in ,

Wisata Pulau Sikuai Padang

Hai Brader and Sister,

kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Pulau Sikuai Padang yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Padang.

Pulau Sikuai Padang 

Objek wisata Pulau Sikuai Padang Sumatera Barat atau dikenal juga dengan Sikuai Island memang sudah dikenal oleh khalayak luas sebagai alternatif tempat wisata di Padang terbaik, serta juga menjadi destinasi pilihan bagi wisatawan yang ingin wisata di Sumatera Barat. Pulau Sikuai Sumbar menawarkan sebuah pengalaman seru dapat berlibur disebuah pulau mungil yang terletak tak jauh dari pusat Kota Padang.
Memiliki suasana pulau yang nyaman, tenang dan masih sangat asri menjadi modal penting untuk dapat menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung.  Selain itu akses jalan yang sudah baik dan aman bagi para wisatawan yang liburan ke Padang pun menjadi salah satu faktor pendukung bagi kesuksesan Pariwisata Padang dewasa ini. Maka tak heran rasanya bilamana kini Ranah Minang menjadi salah satu primadona tempat wisata di Indonesia terbaik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.
Pada malam hari ini saya akan memaparkan perihal Pulau Sikuai Padang Sikuai Island tetap jadi alternatif wisata di Padang. Semoga kiranya dari apa yang nanti akan disampaikan dapat bermanfaat bagi kamu atau para pembaca budiman lainnya dimana pun anda berada.  Nama “Sikuai” dalam bahasa Minang memiliki arti Membuai yang seakan sangat tepat gemgambarkan suasana pulau yang tenang dan damai. Sebelum lanjut, tau kah kamu jika pulau ini mulai dibuka sebagai salah satu objek wisata di Padang sejak 1994.
Dimana pihak PemProv menjadikan pulau ini sebagai salah satu master plan wisata bahari yang dapat dicontoh bagi pulau-pulau lain disekitar kawasan Pulau Mandeh, Padang. Oleh sebab itulah mengapa pulau seluas 44.4 hektare ini terbilang memiliki saranan dan fasilitas terlengkap pada era masa kejayaannya. Terdiri dari sebuah penginapan di Pulau Sikuai dengan nama “New Sikuai Island Resort”. Dimana resort ini menggunakan area sekitar 2.4 hektare yang disulap menjadi area resort dari jumlah luas keseluruhan pulau.
Namun kejayaan tersebut terbilang seakan redup setelah sebuah tragedi bencana gempa pada 2009 lalu yang melanda provinsi Sumatera Barat. Dimana bencana alam tersebut memiliki dampak yang berpengaruh besar terhadap beberapa lokasi wisata yang ada, tak terkecuali Pulau Sikuai. Dari beberapa titik area resort telah hancur dan dibiarkan terbengkalai hingga saat ini. Entah apa penyebabnya pihak pengelola lebih memilih untuk tidak lagi menjalankan bisnisnya. Meskipun demikian adanya, kondisi terbaru update 2017 pulau ini tetap dibuka untuk umum yang ingin berwisata dan ditiap minggunya selalu ada saja wisatawan yang datang berkunjung.

Seperti kebanyakan pulau-pulau disekitar kawasan ini yang hampir semua memiliki bagian tengah pulau yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang cukup rimbun, hal tersebut kian menambah keasrian dari setiap pulau wisata ini. Beragam keseruan dapat dilakukan di pulau cantik ini seperti halnya snorkeling, diving, trekking, beberapa wahana air atau pun sekedar duduk santai di pantai Sikuai menikmati apa yang telah disajikan oleh alam melalui pulau cantik ini.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, lokasi Pulau Sikuai terletak di kawasan Teluk Kabung, Kecamatan Bungus atau tepatnya berada diselatan Pulau Pasumpahan atau sebelah utara dari Pulau Sironjong dan Pulau Pagang. Lantas bagaimana cara untuk ke Pulau Sikuai? pertama dari domisili kamu saat ini dapat langsung menuju pusat Kota Padang sebagai titik start awal perjalanan, kemudian menyeberang melalui beberapa opsi penyeberangan berikut ini,

  • Dermaga Wisata Bahari
Merupakan sebuah dermaga milik PT Abadi Wijaya (pengelola dari New Sikuai Resort) yang sengaja dibuat sebagai akses transportasi khusus bagi setiap wisatawan yang ingin menginap pada resort di Pulau Sikuai. Lokasi dermaga ini terletak di Pelabuhan Muara, Jl. Batang Arau atau tepatnya ada sebuah plang dipinggir jalan bertuliskan “New Sikuai Island Resort” yang berada diantara kantor SATKAMLA (Satuan Keamanan Laut TNI AL) dan Pelabuhan Dagang Muaro Padangyang berjarak sekitar 9.7 Km jika dari pusat Kota Padang atau jika dari Stasiun Padang hanya berjarak sekitar 4.3 Km saja.
Mengingat jaraknya yang cuup dekat jika dari stasiun sehingga ini kerap digunakan sebagai jalur alternatif bagi yang ingin backpacker ke Pulau Sikuai dengan menggunakan transportasi umum. Bagi kamu yang ingin menggunakan opsi penyeberangan ini, kamu akan dikenakan biaya penyeberangan sekitar Rp. 250.000/orang untuk pergi-pulang.
  • Pelabuhan/Dermaga Bungus
Merupakan sebuah kawasan dermaga yang lokasinya berjarak sekitar 18.6 Km jika dari pusat Kota Padang atau tepatnya tak jauh dari Pantai Carolina (3.6 Km) saja. Jika kamu menggunakan opsi ini, sebenarnya ini bukan seperti kebanyakan dermaga penyeberangan yang kamu bayangkan, dimana sebenarnya sepanjang jalan pesisir pantai dapat kamu temui jejeran kios yang menyediakan jasa penyeberangan menggunakan speedboat atau bisa juga paket wisata ke Pulau Sikuai yang dapat kamu gunakan. Perihal biayanya memang lebih murah dikarenakan jarak penyeberangan laut lebih dekat sehingga kamu hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 200.000/orang saja untuk pergi-pulang.
  • Dermaga Sungai Sei Pisang
Untuk opsi ini hampir sama seperti halnya jika kamu ingin ke Pulau Pasumpahan, dimana lokasi Sei Pisang memiliki jarak sekitar 32.9 Km dari pusat Kota Padang. Kemudian sama halnya dengan menyeberang dari Dermaga Bungus, dimana disini pun banyak pemilik kapal yang akan menawarkan kamu untuk paket murah wisata ke Pulau Sikuai ataupun sekaligus mengunjungi beberapa pulau lainnya. Perihal harga menyeberang dari Sei Pisang dengan biaya ke Pulau Sikuai berkisar antara Rp. 50.000/orang.
Dikarenakan pihak pengelola yang sudah menutup resort, sehingga bagi kamu yang ingin menginap atau bermalam dapat camping dan mintalah untuk dijemput keesokan harinya. Kemudian sebagai alternatif lainnya, kamu pun bisa memilih beberapa pulau lain untuk dijadikan lokasi camping seperti Pulau Pasumpahan atau menyewa vila di Pulau Sironjong. Sebagai tambahan tepat di belakang Pulau Sikuai terdapat Pulau Sirandah. Dimana saat ini pulau tersebut dalam tahap pembangunan untuk segala sarana dan fasilitas, namun pembangunan tersebut direncanakan baru rampung pada akhir 2017 mendatang.
Dan itu adalah informasi tentang tempat wisata Pulau Sikuai Padang yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Padang.

Istano Baso Pagaruyung Padang

Air Terjun Sarasah Padang