Wisata Solo Dekat Stasiun Solo Balapan

Hai Brader and Sister,

Kali ini kami akan memberi informasi tentang Wisata Solo Dekat Stasiun Solo Balapan, yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Solo.

1. Grojogan SewuObjek wisata Tawangmangu terletak di kaki Gunung Lawu. Disini anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan asri dengan udara yang sejuk. Yang paling menarik di Tawangmangu adalah adanya Grojogan Sewu yang berupa air terjun setinggi 81 m.

Grojogan dalam bahasa jawa berarti air terjun dan Sewu berarti seribu. Sehingga Grojogan Sewu berarti Air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, tetapi ada beberapa titik air terjun yang dapat dinikmati di sini. Kata sewu atau seribu disini berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun tertinggi yang ada tingginya sekitar 81 meter. Ada pula air terjun yang tidak terlalu tinggi tetapi pancurannya meluas dan membentuk cabang-cabang. Bila sedang musim hujan, sekeliling tebing akan dihujani air terjun, tetapi saat musim panas, banyak air terjun yang kering.

Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Taman Binatang Hutan, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cenderamata, mushola dan MCK.

2. Pandawa Water World 

Pandawa Water World merupakan tempat wisata kelas dunia yang berada di Solo Baru, Sukoharjo. Objek wisata ini berupa taman dunia air yang penuh petualangan dan memiliki berbagai macam wahana menarik, diantaranya Action River, Wave Pool, Warm Spa, Aerated Spa, Fantastic Slide, Sight Tower, dan masih banyak lagi. Untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini, anda harus mengeluarkan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 100 ribu per orang pada akhir pekan.

Begitu masuk, bakal kita temukan dan merasakan suasana desain wahana air berkelas internasional tetapi berkonsep tokoh dalam epik Mahabharata. Namun, Mahabharata dalam konsep ini lebih menekankan pada versi pewayangan, bukan seperti dalam versi film India.

Kali pertama di Pandawa Water World, saya malah bingung memilih wahana air mana yang mau saya jelajahi terlebih dahulu. Bisa dibayangkan, ada 27 wahana yang siap menjadi tempat berpetualang, antara lain Action River, Fantastic Slide, Warm Spa, Sight Tower, Bima Slide, Raft Slide, Gatotkaca Bungy Tower, Kresna Wave Pool, dan yang paling menantang adalah Black Hole Slide. Anda pun tidak perlu khawatir karena setiap wahana dijaga oleh dua life guard dan dokter yang selalu siaga.

Di antara aneka wahana itu, yang menjadi favorit saya dan pengunjung yaitu Kresna Wave Pool. Di arena ini bakal asyik berada di antara air yang berombak. Saat berenang di kolom ini ada seperti menikmati sensai berenang di pantai. Tunggu dulu, jangan tergesa-gesa pindah arena karena ada sesi di mana ombak akan meninggi dan ganas. Harus siap-siap pelampung!

Nah, arena ini paling menantang. Bayangkan saja meluncur disepanjang lorong yang gelap gulita dalam waktu yang lumayan lama dengan kecepatan yang tidak terduga dan rute yang berkelok-kelok. Maka jangan heran jika di wahana itu bergema teriakan-teriakan cetar membahana.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat 

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu ikon tempat wisata di Solo yang harus anda kunjungi. Keraton yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744 ini terletak di dekat alun-alun kota Solo.

Area keraton memiliki halaman yang berpasir yang khusus diambil dari laut selatan. Di dalam keraton terdapat museum untuk menyimpan barang-barang peninggalan sejarah kota Solo, diantaranya pakaian raja-raja terdahulu, peralatan perang, dan kereta kuda.

Dan itu adalah informasi tentang Wisata Solo Dekat Stasiun Solo Balapan yang wajib Brader and Sister kunjungi jika sedang berlibur di Solo.